Microsoft Office Word 2007 Sebagai Media Blogging Offline

Mungkin banyak alternatif untuk blogging offline dan saat online tinggal di publish seperti Windows Live Writer, de el el… bisa kita unduh dengan gratis di internet.

Nah, kalo di PC kamu udah terinstall Microsoft Office 2007 kamu ga perlu susah – susah (meskipun ga susah) nyari software blogging offline di internet.

Yah, semua software pengolah kata juga bisa dipake buat blogging offline ya… saat online tinggal di copy – paste.

Kalo ini beda, saat kita online kita tinggal klik publish… yo, kita mulai

1

Tampilan awal saat mulai menulis. Dan, cara agar menjadi Postingan blog adalah… jeng – jeng…

office button

Klik pada office button maka akan muncul seperti tampilan di bawah lalu ke bagian publish –> blog

publish --> blog

Seketika tampilan pun berubah… 

Tampilan Publish Blog

Namun, jika kamu belum pernah menggunakan ini sebelumnya, akan muncul seperti ini

Register an Account

Kalo kamu lagi connect ke internet, boleh lah kamu register account blog mu sekarang. Kalo lagi nggak, register later aja.

Kalo kamu ngeklik Register Now…

pilih blog anda!

Sebagai contoh aku di wordpress. Maka kita lanjutkan…

register wordpress

Blog post URLnya kita isikan alamat blog kita… tapi /xmlrpc.php nya jangan dihilangkan…

Masukkan user name mu kemudian passwordnya. Lanjutkan… oiya, sebelum kita register ini mendingan kita intip picture options .

picture options

Aku sih kurang ngerti yang disini… tapi, aku menggunakan pilihan My Blog Provider. Klik OK dan akan kembali ke…

register wordpress
 Di bagian ini, kalau kamu klik OK kalau sedang tidak connect akan seperti ini yang muncul… 

error

Pendaftaran pun akan gagal. Tapi gapapa… ini tetap bisa digunakan untuk menulis tapi ngga bisa untuk nge publish.

Nah, kalau kamu lagi bener – bener connect, dari sini akan mengontak provider blog dan kalau sukses akan muncul pesan bahwa akun blog telah teregister.

contacting blog providersuccess

Keuntungan

  1. Lebih mudah untuk memberikan gambar pada postingan. Tinggal print screen tempel.
  2. Fontnya bisa sesuai keinginan kita.

Kekurangan

  1. Baru bisa diberikan read more jika kita edit ulang
  2. Beberapa provider blog seperti blogspot tak bisa mengupload gambar dari postingan sini.
  3. Hanya Windows Live Space, Blogspot, Share Point Blog, Community Server, TypePad, dan WordPress yang bisa menggunakan ini. (Other juga ada tapi masih meragukan saat memasukkan Publish URL nya)

Tips – tips tentang ini akan dilanjutkan di postingan mendatang. 

54 thoughts on “Microsoft Office Word 2007 Sebagai Media Blogging Offline

  1. Non ada yang mo gabung Di RFren yaitu mas dikoment atas saya!!! diterima nggak jadi anggota????ditunggu jawabnya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s